Saturday 20 June 2015

[Rohani] Melayani Siapa?

Dalam agama saya, dikenal suatu istilah "pelayanan" yang maksudnya kurang lebih melayani sesama dan Tuhan. Kami meyakini bahwa sebaiknya hidup beragama tidak hanya beribadah (membangun ke dalam) tapi juga melakukan pelayanan (membangun ke luar). Menurut saya inti pelayanan itu adalah melakukan kebaikan bagi orang lain (yang terkadang menuntut kita untuk berkorban juga) di mana saja dan kapan saja, sebagai salah satu bentuk syukur kita atas kebaikan Tuhan.

Beberapa orang di luar agama saya mungkin sudah tau bahwa tata cara peribadahan kami banyak berbeda dengan yang lain; ada musik, multimedia, dsb. Cara-cara itulah yang kemudian membuat kami harus ikut turun tangan membantu kelancaran ibadah di gereja kami. Kami menyebut pelaku-pelakunya sebagai orang yang melakukan pelayanan, seberapa pun porsi keterlibatan mereka.

Sumber: link
  
Saya, setelah bertahun-tahun melakukan apa yang disebut orang-orang sebagai "pelayanan di gereja", terkadang dihadapkan kembali pada pertanyaan (yang pada akhirnya bisa saya gunakan untuk mengevaluasi diri saya sendiri):

Apakah saya sungguh-sungguh melakukan pelayanan? Siapa yang sebenarnya sedang saya layani? Benar-benar sesama kah (supaya semua kembali fokus pada Yang Maha Kuasa)? Atau diri saya sendiri (demi kepuasan/kebutuhan pribadi saya)?

Saya rasa semua orang yang telah melakukan hal yang sama selama bertahun-tahun perlu melakukan evaluasi diri secara berkala. Siapa tahu kita sudah melenceng dari tujuan semula...seperti halnya saya.

Semoga Tuhan memberi kita kemampuan utk mewawas diri kita masing-masing.

No comments:

Post a Comment