Friday 11 September 2015

[Resep] Sapo Tahu

Hai! Ini pertama kalinya aku memposting resep di blog ini. Resep asli menu ini kudapat dari dapurumami.com, tapi kemudian ada beberapa bahan yang kuubah (menyesuaikan seleraku).
 


   
Bahan:

1 tahu sutra yang bulat memanjang (silakan menggunakan yang rasanya plain atau yang rasa telur atau udang, sesuai selera masing-masing)

½ cup jamur champignon (biasanya yang dijual di supermarket sudah diiris dan dikemas dalam satuan cup kecil, boleh diganti dengan jamur kancing atau jamur kuping)

1 buah bawang bombay

1 sachet Saori Saus Tiram

1/3 sendok teh maizena (ini untuk sedikit mengentalkan kuah, jika tidak menggunakan tidak apa-apa)

300 ml air, untuk kuah (300 ml itu kira-kira setara dengan 1,5 gelas sedang)

Minyak goreng



Cara memasak:

  1. Potong tahu sutra dengan ukuran masing-masing potongan 1,5 cm atau sesuai selera.
  2. Iris bawang bombay. Pisahkan ½ cup jamur champignon dari air kemasannya, bilas dengan air bersih dan tiriskan. Larutkan maizena dengan sedikit air.
  3. Goreng tahu sutra hingga berwarna kecoklatan (seperti warna tahu putih biasa yang digoreng), kemudian tiriskan.
  4. Tumis bawang bombay dan jamur hingga baunya harum dan bombay terlihat agak layu (agak layu maksudnya warna bombay tidak secerah sebelumnya).
  5. Masukkan tahu sutra dan Saori, aduk rata. Kemudian masukkan air, aduk rata dan biarkan hingga kuah mendidih. Tambahkan larutan maizena, aduk rata beberapa saat hingga kembali mendidih, angkat.



Catatan:

# Sapo tahu dalam resep ini tidak pedas. Jika menginginkan rasa pedas, silakan menambahkan irisan cabai merah (tumis bersamaan dengan bawang bombay dan jamur). Cabai merah yang digunakan bisa cabai rawit atau cabai yang berukuran besar.

# Dalam resep asli disebutkan bahwa takaran maizena adalah 2 sendok makan. Menurutku takaran itu terlalu banyak untuk 300 ml air (karena aku sudah mencobanya). Jika menggunakan takaran maizena sebanyak itu, kujamin sapo tahu akan berubah menjadi papeda. Haha. Maizena di sini hanya berfungsi untuk sedikit mengentalkan kuah, bukan benar-benar mengentalkan kuah, jadi maizena yang digunakan sedikit saja. Tapi ya tergantung selera masing-masing, sih.

# Jika suka bisa menambahkan sayur lain dalam sapo tahu ini. Seperti: sawi putih (jangan sawi hijau, sepertinya tidak cocok) atau brokoli.

# Bawang bombay mentah rasanya sangat pedas, tapi rasa pedasnya akan jauh berkurang jika irisan bawang bombay dipanaskan atau direndam dalam air dingin terlebih dahulu.


No comments:

Post a Comment